Senin, 19 Maret 2012

KESELAMATAN TIDAK DAPAT DIABAIKAN

 

            Keselamatan adalah komoditas yang unik.ia tidak seperti yang lainnya.kita dapat menyediakan keamanan financial di masa depan untuk diri kita sendiri dan keluarga dengan cara menabung dan menginvestsikan uang kita secara bijaksana.kita dapat mengansuransikan kesehatan kita di masa depan sampai batas tertentu dengan membiasakan diri hidup sehat dan melakukan imunisasi.namun, keselamatan tidak dapat diakumulasikan sampai jangka waktu tertentu atau disediakan untuk masa depan.Bila keselamatan diperhatikan,maka setiap hari akan berakhir dengan baik.
            Setiap pagi ketika kita memulai kegiatan harian, kita harus mengupayakan keselamatan.Yang penting adalah “akankah kita bekerja atau bermain secara aman hari ini?”. Tindakan ceroboh atau kurang hati-hati dapat menghancurkan masa depan kita dan menyebabkan hari-hari kemarin kita berakhir menyedihkan.jawabannya adalah bekerja dan bermain secara aman setiap hari, satu demi satu, maka hari-hari esok akan begitu pula, dan hari-hari kemarin kita akan menjadi kenangan yang membahagiakan.
            Praktekanlah keselamatan, gunakan keselamatan, dan giatkan keselamatan.Keselamatan adalah produk yang tidak tahan lama dan tidak dapat disimpan. keselamatan yang tidak digunakan hari ini akan lenyap, hilang tanpa harapan.
            Bila kita memberi kesempatan kepada keselamatan, maka keselamatan dapat menyelamatkan kita.
BILA TERJADI KECELAKAAN
            Seandainya anda atau keluarga anda terlibat dalam kecelakaan, maka artikel ini akan memberikan sedikit informasi tentang prosedur pertolongan pertama dan berbagai jenis cedera, baik cedera ringan maupun cedera berat.
1.    Kecelakaan di rumah
Kecelakaan di rumah sering kali terjadi pada diri kita maupun pada keluarga kita.kecelakaan di rumah disebabkan karena beberapa faktor yang dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan seperti minimnya kewaspadaan kita terhadap suatu hal, terlalu menyepelekan terhadap hal yang tidak penting padahal, hal tersebut sangat penting untuk diperhatikan.Kecelakaan yang terjadi di rumah memiliki berbagai jenis macam seperti :jatuh, Kecelakaan akibat peralatan dapur, alat-alat, dan perkakas tajam atau pemotong, sesak napas/tenggelam, kecelakaan akibat bahan kimia dan pembersih dll. Berikut adalah paparan mengenai cara melakukan pertolongan pertama apabila terjadi kecelakaan di rumah.
a. Jatuh
    Faktor penyebab
Sebagian besar kasus jatuh terjadi di rumah ketika kita sedang melakukan aktivitas sehari-hari.Dua per tiga kasus jatuh yang mengakibatkan kematian terjadi di lantai datar dan bukan dari ketinggian, disebabkan oleh karpet atau lantai itu sendiri yang terkadang licin.Faktor lain yang mengakibatkan jatuh adalah permukaan tanah yang licin atau tidak rata.
    Manula
Kecelakaan jatuh merupakan salah satu penyebab utama kematian para manula.Hal ini disebabkan oleh karakteristik kesehatan para manula yang sudah menurun.Orang muda hanya menderita memar akibat jatuh sedangkan manula seringkali menderita patah tulang yang dapat berujung pada kematian.
    Tindakan pencegahan untuk semua usia :
§  Bila ada ranjang susun di rumah anda, ranjang bagian atas harus dilengkapi dengan pagar pelindung.
§  Pastikan menggunakan tangga yang kokoh saat anda membersihkan atau merawat rumah.bila tangga terpaksa didirikan di permukaan yang tidak rata, pastikan bahwa tangga tersebut tersangga dengan baik.
   Tindakan pencegahaan untuk anak-anak :
·         Jangan meninggalkan bayi di meja ganti tanpa pengawasan, meskipun tepiannya tinggi.jangan pernah meninggalkan anak-anak kecil bilamana ada bahaya terjatuh.
·         Jangan meletakaan bayi yang berada di reclining chair di atas meja.ia dapat rebah ke depan sehingga jatuh dari meja.
·         Perabot dan benda-benda yang tingginya berbeda,sebaiknya jangan ditempatkan saling berdekatan.Bayi yang ingin mengeksplorasi lingkungannya dapat dengan mudah memanjat ketempat tinggi di mana ada bahaya terjatuh.
·         Pasang penghalang di jendela atau lengakapi dengan kunci.
·         Hindari pemasangan papan horizontal pada pagar dan pegangan tangan pada tangga.hal ini hanya akan menarik anak-anak untuk memanjatnya.
 Tindakan pencegahan untuk manula :
·         Benda-benda yang digunakan setiap hari atau sering digunakan harus disimpan di lemari yang dapat dijangkau dengan posisi badan berdiri tanpa harus memanjat atau terlalu membungkuk.
·         Jangan menggunakan perabot yang ditumpuk sebagai pijakan untuk meraih barang yang letaknya di atas,gunakanlah tangga.
 B. Kecelakaan akibat peralatan dapur, alat-alat, dan perkakas tajam
    Pertolongan Peretama untuk Menghentikan Perdarahan
Luka terbuka :
·         Luka terbuka biasanya menyebabkan PERDARAHAN. Yang harus segera anda lakukan adalah menghentikan perdarahan.
·         Tutup luka dengan kain bersih atau dengan tangan lalu BERIKAN TEKANAN LANGSUNG pada luka. Beri perben bila darah merembes keluar. Tetap berikan tekanan kuat sampai dokter datang.Bila memungkinkan, penolong sebaiknya memakai sarung tangan.
·         Bila perawatan darurat lainnya diperlukan, gunakan PERBAN TEKAN agar kain tidak bergeser.
·         Ikat dengan kuat namun jangan terlalu ketat sehingga menutup aliran darah pada luka.
·         Bila tidak ada tulang yang patah, ANGKAT anggota tubuh yang terluka lebih tinggi dari jantung.
·         Bila tekanan pada luka dan pengangkatan tidak juga menghentikan perdarahan, lanjutkan dengan memberikan tekanan ke TITIK TEKANAN di antara jantung dan luka.Lepaskan titik tekanan tersebut bila perdarahan berhenti.
TITIK-TITIK TEKANAN :
Lengan  :  di bagian dalam lengan tengah di antara bahu dan siku.
Kaki       : titik tengah dilipatan di antara paha dan badan (penekanan urat nadi pada tulang memperlambat aliran).(Entung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar